Sunday, November 13, 2016

Midweek Devotion: "Solus Christus" - G.I. Tatang Mulyadi - 09112016

Kisah Para Rasul 4 : 12
"Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Yohanes 14 : 6
"Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."

Kisah Para Rasul 3: Dengan dipenuhi Roh Kudus, Petrus berbicara di depan banyak orang tentang Yesus yang datang untuk menyelamatkan tapi ditolak dan disalibkan oleh orang banyak itu.

Kisah Para Rasul 4: Petrus dan Yohanes ditangkap dan dibawa ke Mahkamah Agung. Petrus dengan berani:
- Menyerukan bahwa Yesuslah satu-satunya jalan keselamatan
- Menyerukan pertobatan
Kenyataannya : Saat itu Petrus sedang menghakimi bukan dihakimi. Petrus menghakimi masyarakat yang mengaku taat beragama tetapi tidak menerima Tuhan Yesus sebagai satu-satunya Juru selamat.


3 konsep:
1. Jalan
Perjanjian Lama banyak membicarakan tentang jalan manusia dan Tuhan
Ulangan 5: 32-33
(32) Maka lakukanlah semuanya itu dengan setia, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu. Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri.
(33) Segenap jalan, yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, haruslah kamu jalani, supaya kamu hidup, dan baik keadaanmu serta lanjut umurmu di negeri yang akan kamu duduki.
Ulangan 31 : 29
(29) Sebab aku tahu, bahwa sesudah aku mati, kamu akan berlaku sangat busuk dan akan menyimpang dari jalan yang telah kuperintahkan kepadamu. Sebab itu di kemudian hari malapetaka akan menimpa kamu, apabila kamu berbuat yang jahat di mata TUHAN, dan menimbulkan sakit hati-Nya dengan perbuatan tanganmu."
Yesaya 30 : 21
(21) dan telingamu akan mendengar perkataan ini dari belakangmu: "Inilah jalan, berjalanlah mengikutinya," entah kamu menganan atau mengiri.
Yesaya 35 : 8
(8) Di situ akan ada jalan raya, yang akan disebutkan Jalan Kudus; orang yang tidak tahir tidak akan melintasinya, dan orang-orang pandir tidak akan mengembara di atasnya.
Mazmur 27 : 11
(11) Tunjukkanlah jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, dan tuntunlah aku di jalan yang rata oleh sebab seteruku.
** Orang Yahudi mengetahui banyak jalan Tuhan tapi mengapa Tuhan mengatakan bahwa “Akulah Jalan”?
** Yesus adalah Jalan. Dia bukan hanya menunjukkan kepada kita Jalan itu, tapi Dia berjalan bersama dengan kita di jalan itu.

2. Kebenaran

Kebenaran bukan hanya sekedar kata-kata atau ide-ide, tetapi dilakukan / dihidupi untuk diteladani.
Mazmur 26 : 3
(3) Sebab mataku tertuju pada kasih setia-Mu, dan aku hidup dalam kebenaran-Mu.
Mazmur 86 : 11
(11) Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu; bulatkanlah hatiku untuk takut akan nama-Mu.
Mazmur 119 : 30
(30) Aku telah memilih jalan kebenaran, telah menempatkan hukum-hukum-Mu di hadapanku.
** Mengapa Yesus layak menjadi korban penebusan? Karena Dialah Sang Kebenaran itu.

3.Hidup

Hidup dicari oleh manusia. Kehidupan bersama Yesus adalah kehidupan yang sesungguhnya. Makna hidup sejati hanya dapat ditemukan bersama dengan Yesus
Amsal 6 : 23
(23) Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan,
Amsal 10 : 17
(17) Siapa mengindahkan didikan, menuju jalan kehidupan, tetapi siapa mengabaikan teguran, tersesat.
Mazmur 16 : 11
(11) Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.


Hanya melalui Kristus kita dapat menemukan Jalan, Kebenaran, dan Hidup.
Dalam Lukas 2: 10 “Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: “
Mengapa disebut kesukaan besar?
Saat itu malaikat berbicara kepada para gembala. Disebut kesukaan besar karena sebelumnya mereka dalam kedukaan besar. Manusia ada dalam kegelapan, hidup dalam dosa – ada dalam maut.
Dengan usaha/ cara/ mengandalkan diri sendiri, manusia tidak akan dapat menemukan Jalan, Kebenaran dan Hidup. Hanya Kristus yang dapat membuka jalan bagi kita semua.

Yohanes 3:16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. “
Tuhan mengasihi kita dalam kegelapan dan menyatakan kasihNya bagi kita. KematianNya adalah untuk menyatakan kasihNya kepada kita.
Kristus mati untuk semua orang, tapi penebusan Kristus hanya dapat dirasakan bagi mereka yang percaya.

Ke 5-sola (Scriptura, Gratia, Fide, Christus, Soli Deo Gloria) saling terkait, saling terhubung dan tidak bisa terpisahkan. Dalam kelima sola kita dpt menemukan jantung dr Injil Kristus. 5 sola menjadi pondasi. Soli Deo Gloria merupakan puncak bahwa semua hanya untuk kemuliaan Allah.

Yang bisa dipelajari dari solus Christus adalah bahwa keselamatan hanya melalui Kristus, tidak ada yang lain.
Ada konsep-konsep yang salah bahwa dengan berbuat baik, kita dapat memperoleh keselamatan itu. Perbuatan baik merupakan respon ucapan syukur kita kepada Tuhan. Keselamatan adalah anugerah.

Mari tempatkan Kristus sebagai yang terutama dalam hidup kita, jadikan Dia pusat hidup kita.


No comments:

Post a Comment