Monday, October 17, 2016

Sunday Service: "Many Members One Body" - Pdt. William Ho - 16102016

Jemaat di Korintus mempunyai banyak karunia dan talenta, tetapi dimana ada talenta biasanya ada kesombongan dan perpecahan. 

1 Korintus 12:12-31 - Paulus melukiskan gambaran untuk kehidupan gereja yang bersatu. Kesatuan membawa kekuatan yang diberkati Tuhan. Kekuatan kecil yang disatukan akan menjadi berkat yang luar biasa

, seperti semut yang kecil namun bersatu untuk mengangkat beban yang jauh lebih besar dari mereka. Seperti juga dengan jari kita bila hanya satu persatu maka tidak dapat berbuat banyak namun bila 5 jari kita pakai dalam kesatuan, menjadi lebih berfungsi.

Paulus sangat meresapi ayat tersebut dan mengingatkan jemaat betapa pentingnya kesatuan dalam Kristus. Although divided in services but ONE IN CHRIST.

Kejadian 11:6 - Apapun yang direncanakan apabila dilakukan dalam kesatuan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana



Pertumbuhan Gereja melalui Kesatuan gereja:

- Gembala dan Hamba Tuhan bersatu

- Hamba Tuhan dan Majelis bersatu

- Hamba Tuhan dan jemaat bersatu

Amanat Agung terakhir dari Kristus: 

Matius 28:19-20 (TB) 
"Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Dari tugas yang diberikan Kristus kepada gereja saat ini yang sedang terlaksana adalah memperkenalkan Kristus dan membaptis, namun tugas yang belum dikerjakan adalah seluruh jemaat yang bersama-sama mengemban tugas pemuridan.



Apa yg harus dimiliki semangat dan komitmen seorang murid: 
PIKUL SALIB
1. 
Lukas 14: 26-27 (TB) "Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.
 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku."
>> Bukan secara literal harus membenci keluarga, namun harus menomor satukan Tuhan.


Bagaimana kita dapat memikul salib?
>> Yg disebut salib : penyangkalan diri
, menurunkan ego diri dan memprioritaskan suara Tuhan bukan suara dunia atau suara tubuh kita. Panggilan ini adalah respon kita terhadap kasih dan berkat Tuhan.

Kebenaran sejati akan melepaskan hubungan kekeluargaan.
Yang benar hanya satu yaitu Kristus
 - Ketika seseorang lebih cinta kepada Tuhan dibanding yang lainnya, justru disitu dia akan menjadi orang yang paling mencintai keluarga. Seseorang yang takut akan Tuhan mempunyai kasih Kristus yang sejati didalamnya. 



Cari dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu
. Jikalau Tuhan menghendaki, maka Tuhan sendiri yang akan pimpin kita menuju jalan yg dikehendakiNya

.

2. Lukas 14:33 (TB)  "Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku."

>> Begitu juga dengan ayat ini bukan secara literal kita harus menjadi miskin, namun JANGAN ada hal lain (materi/barang apapun) yang menggantikan posisi Tuhan.



Harta tidak boleh menjadi berhala yang menghalangi kita menjadi hamba Tuhan dan ini adalah sesuatu yang harus dijalankan dengan perbuatan secara nyata. Pelayanan kita harus ada dalam kehendak Tuhan, bukan kepentingan pribadi. Walaupun sulit untuk dilakukan tapi kita harus mendalami dan menghidupi firman Tuhan. Sebagai orang Kristen kita tidak boleh hanya memberitakan cinta kasih namun harus ada perbuatan. 

Manusia akan tergeser oleh waktu dan hanya menjadi sejarah, namun Tuhan itu hidup, Dia kekal dan tidak akan membiarkan Kerajaan-Nya tertinggal. Jangan takut untuk meneruskan pembangunan kerajaan Tuhan, karena Tuhan akan senantiasa berserta kita, serahkan diri kita sebagai hamba untuk perkerjaan-Nya.

Firman Tuhan merupakan pedoman integritas seorang Kristen. Segala kelemahan kita akan disempurnakan Tuhan. Segala kesulitan yang dihadapi dalam pelayanan kita, disitulah kuasa Tuhan akan ditunjukanNya. 
(2 Korintus 12:9)

Dimana jalan Tuhan dibuka, biasanya disitu justru banyak yang menentang.
 Tetapi kalau memang itu kehendak Tuhan, tetap jalani
 dan jangan tinggalkan kehendak Tuhan.

Kolose 3:15-16
Efesus 4:2-7

No comments:

Post a Comment