Monday, October 10, 2016

Pentahbisan Pendeta (gkymabes): "Aku Tahu Kepada Siapa Aku Percaya" - Pdt. Freddy Lay - 09102016

2 Timotius 1:12 
Apa yang kita percaya? Apa yang kita tahu? Sedalam apa kita mengenal Allah?

Kisah Para Rasul 9:5 > saat itu Saulus berhadapan dengan pribadi Allah. Saulus sadar itu bukan seorang pribadi yang biasa tapi dia tidak tahu itu siapa. Dan perkenalan Paulus dengan Allah merubah hidupnya semenjak saat itu. Dia melayani dan menjalani kehidupannya dengan pengenalan akan Allah.

Roma 1:1 > Paulus tau dirinya dan tujuan hidupnya sebagai seorang hamba Kristus. Dia tahu persis siapa yang harus dia layani dan apa yang harus dia lakukan. 

Saat kita melayani sadarkah siapa diri kita dihadapan Tuhan? Kepada siapa kita melayani? Dan dengan jelas tahu apakah yang harus kita lakukan? Kita mudah sekali kecewa dalam pelayanan bahkan melakukan hal-hal yang sesuai dengan kehendak kita dan jadi menyandung banyak orang. 

2 Timotius 1:12 mempunyai makna yang berbeda dalam terjemahan Inggris dan Indonesia. Dalam bahasa Inggris dikatakan:

"personally acquainted with Him" > Bukan hanya tahu tetapi kenal dengan intim. Jika kita tidak mempunyai pengenalan yang benar akan Allah bagaimana kita dapat menceritakanNya kepada orang lain? Bila kita tidak mengalamiNya secara pribadi bagaimana kita dapat menjadi saksi bagiNya?
Theology adalah mengenal Allah secara pribadi

"Absolute trust and confidence in Him and in the truth of His deity" > Dalam pergumulan kehidupan imani kita tahukah kita akan kedaulatan Allah tanpa keraguan? Didalam menghadapi pergumulan-pergumulan, kita akan tahu seperti apa kualitas iman kita. 

"Beyond any doubt" > Sekalipun kita tidak memahami apa yang terjadi didalam kehidupan kita, bisakah kita tetap bersyukur saat musibah terjadi? Bisakah kita melihat segala kejadian dari perspektif Allah? Adakah kita mengeluh kecewa dan marah terhadap Tuhan untuk kondisi kita seperti bangsa Israel pada saat di padang gurun? Sudahkah kita melakukan tugas dan tanggung jawab kita tanpa keraguan walaupun didalam kesulitan? 

2 Timotius 1:11 

Ketika kita merasa pelayanan kita berbeban berat atau kita mengalami kejatuhan, ingat kembali apakah benar kita mengenal dan mengasihiNya? 

2 Korintus 6:3-4
2 Korintus 12:9 > Justru didalam kelemahan dan keterbatasan kitalah, kuasa Kristus yang menyempurnakan segala sesuatu, maka cukuplah kasih karuniaNya bagi kita. 

Tuhan telah mewahyukan diriNya bagi kita, pakailah semua kesempatan yang ada dalam kehidupan kita untuk mengejar kekudusan dan Kristus.

2 tim 1:8
1 petrus 5:2-4

No comments:

Post a Comment