Thursday, September 22, 2016

Midweek Devotion: "Membangun Mental" - G.I. Tatang M - 21092016

Nehemia 7:1-5
Pembangunan benteng selesai
Namun perlu membangun kualitas mental bangsa Israel >> awalnya bangsa Israel merupakan bangsa yg dipilih Tuhan tapi ketika dibuang, mental mereka down (kurang lebih 80 tahun) >> Nehemia peka ketika Allah menaruh rencanaNya untuk membangun mental bangsa Israel (Vv. 5)

Yg dipilih oleh Nehemia untuk jd penunggu pintu >> para penyanyi & orang-orang Lewi (yang adalah penjaga Bait Allah) >> Nehemia diberikan hikmat oleh Tuhan untuk memilih mereka karena kepekaan mereka untuk melihat orang-orang yang akan masuk ke Yerusalem (Vv. 1)

Yang dipilih Nehemia sebagai pengawas atas Yerusalem >> Hanani (saudaranya) dan Hananya (seperti PIC) >> panglima benteng, bukan karena nepotisme tapi karena mereka dapat dipercaya  dan takut akan Allah lebih dari orang-orang lain (Vv. 2)

Saat Tuhan memberikan rencana kepada Nehemia untuk mendata orang-orang yang ada di Yerusalem >> tujuannya untuk membangun mental bangsa Israel seperti yang Tuhan kehendaki >> memberikan kepercayaan diri kepada mereka dan menyadarkan kembali bahwa mereka adalah umat Tuhan.

Cara Tuhan membangun mental :
** tanya kepada Tuhan apa rencana Tuhan atas hidup kita, terus bertanya dan mengandalkan Tuhan >> bukan atas kekuatan diri sendiri kita bisa membangun mental tapi atas rencana Allah.
** Memfokuskan segalanya kepada Tuhan.

Bedanya dengan cara dunia:
- Jurus motivator : cari potensi dlm diri: contoh: kucing yg bercermin dan yang dilihat adalah singa >> Pygmalion Effect >> yg sering dipakai oleh pengkhotbah kontemporer.
** seorang (guru/atasan mereka) mempengaruhi org lain bahwa sbnrnya kamu bisa, tidak ada yg mustahil.
** self fullfilling prophecy.

Aplikasi dari Nehemia 7:
- mengatur dan menempatkan orang yg tepat (posisi tepat dan talenta yang tepat)
>> akan memberi impact yang baik dan meningkatkan kualitas pelayanan. Contoh: pemimpin yg takut akan Tuhan akan mejadi impact bagi orang-orang yang dipimpin oleh peminpin tersebut.
- hidup kudus (kemurnian) adalah modal penting
>> orang yg kudus/suci hatinya akan melihat Tuhan dan mengalami Tuhan
- membangun mentalitas hidup Kristen yang benar (cara pikir, gaya hidup, perilaku, keputusan,dll)

Kita perlu mengalami Tuhan >> Firman Tuhan membentuk mental kita untuk dibangun serupa Tuhan

No comments:

Post a Comment